Kegunaan Magnesium Karbonat Pada Panjat Tebing

Mungkin anda sering melihat para pemanjat menggunakan tepung di tangannya agar tidak licin. Namun itu ternyata bukanlah sebuah tebung terigu atau sejenisnya, melainkan MgCO3 atau magnesium karbonat. Memang fisiknya terlihat seperti tepung padahal berbeda. Berikut kegunaan magnesium karbonat pada panjat tebing.

Kegiatan panjat tebing , climbing dan sejenisnya termasuk gymnastic merupakan olahraga yang cukup menantang dan memiliki komunitas tersendri. banyak yang mencobanya dengan berbagai peralatan , hingga yang minim peralatan sehingga menjadi olahraga ekstrim.

MgCO3 ini merupakan garam anorganik yang berbentuk kristal putih. Pada suhu tinggi MgCO3 akan terdekomposisi menjadi Magnesium Oksida dan Karbon dioksida dengan reaksi seperti dibawah :

MgCO3 MgO + CO2 (H = +118 kJ/mol)

Sebenarnya MgCO3 atau magnesium karbonat ini memiliki fungsi lain selain menjadi agen pengering tangan dari keringat, fungsi lainnya ini seperti untuk memutihkan tengkorak, atau juga sebagai aditif makanan(dengan ketentuan tertentu)

Efek Kesehatan Magnesium

Manusia mengasup antara 250 hngga 350 mg/hari magnesium dan membutuhkan setidaknya 200 mg. Tubuh mendapatkan kebutuhan magnesium dari makanan dan mampu membuang kelebihannya.

Tidak terdapat bukti bahwa magnesium memicu keracunan sistemik meskipun diambil melebihi kebutuhan harian. Hanya saja, mengambil suplemen magnesium secara berlebih bisa memicu kelemahan otot, lesu, dan kebingungan.

Magnesium diyakini tidak menimbulkan efek karsinogenik, mutagenik, atau teratogenik. Paparan uap magnesium oksida hasil pembakaran, pengelasan, atau pencairan logam dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti demam, menggigil, mual, muntah & nyeri otot.

Ledakan bisa terjadi jika bubuk atau butiran magnesium tercampur dengan udara.

Dampak Lingkungan Magnesium

Terdapat sedikit informasi mengenai dampak lingkungan dari uap magnesium oksida. Jika menghirup magnesium oksida, hewan mamalia lain mungkin menderita efek yang sama seperti pada manusia. Bubuk magnesium diduga tidak berbahaya bagi lingkungan.

Panjat Tebing Indonesia

Add your Biographical Info and they will appear here.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *