Cara Merawat Tali Karmantel

Tali karmentel merupakan peralatan pengaman utama bagi pemanjat tebing dari kejatuhan dengan jarak ketinggian tertentu. Perawatan yang tepat sangat penting untuk keselamatan pemanjat dan untuk memastikan umur tali karmantel lebih panjang. Pada artikel kali ini Panjat-Tebing.com akan mengulas tips Cara Membersihkan dan Mencuci Tali Karmantel.

1. Mencuci Tali Karmantel

Jika anda baru membeli karmantel sebaiknya sebelum digunakan karmantel tersebut di cuci dahulu. Hal ini dilakukan agar zat-zat kimia yang menempel pada tali tersebut larut dalam air. Dan tali karmantel kita bebas dari bahan kimia.

2. Rapikan Ujung Tali

Merapikan ujung tali karmantel merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan, agar pintalan serat tali karmantel kita tetap terjaga rapi. Jika ujung tali karmantel tidak dirapikan akibatnya akan fatal, salah satunya adalah serat di dalam tali karmantel akan terurai karena ada celah yang longgar pada ujung tali. Untuk menghindari hal tersebut maka merapikan ujung tali adalah suatu yang penting. Salah satu cara merapikan ujung tali adalah dengan cara membakarnya sebagian (Sampai seratnya merekat) atau dengan menempelkan lakban pada ujung tali agar tidak terurai. Salah satu contohnya pada gambar di bawah ini

Cara Merawat Tali Karmantel3. Hindari Gesekan Langsung

Saat menggunakan tali karmantel sebisa mungkin hindari gesekan langsung dengan tebing,tembok dan lain sebagainya, agar bagian luar tali karmantel tidak rusak dan tetap melindungi serat bagian dalam tali. Menggunakan edge rollers atau padding bisa memberi perlindungan pada tali dari gesekan sudut bidang, dinding batu, dan sebagainya.

Edge Rollers

4. Hindari Dari Sinar Matahari Secara Langsung

Yang dimaksud hindari dari sinar matahari secara langsung ini adalah pada saat penjemuran tali jangan terkena sinar matahari langsung (Cukup di angin anginkan) dan tali jika tidak di gunakan sebaiknya di simpan di tempat yang teduh agar tidak rusak.

5. Jangan Menginjak Tali

Saat menggunkan tali karmantel sebisa mungkin jangan menginjak tali dan hindari tali terkena tanah/debu secara langsung atau berlebih. Jika tali diinjak maka otomatis debu akan masuk kedalam tali dan akan merusak serat dalam tali jadi sebisa mungkin jangan menginjak tali.

6. Bungkus Tali

Jika tali sudah tidak digunakan lagi sebaiknya di bungkus dengan kain yang bersih, agar tali tidak kotor dan tidak terkena pasir/debu. Sebab jika terkena pasir serat dalam tali akan rusak. Kemudian tali di simpan di tempat yang teduh dan bersih. Menyimpan tali karmantel ke dalam rope bag juga dapat menghindarkan tali dari pasir/debu.

rope bag
Panjat Tebing Indonesia

Add your Biographical Info and they will appear here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *